Alasan Anak Anda Butuh Susu Pertumbuhan Tulang

4 Alasan Anak Anda Butuh Susu Pertumbuhan Tulang

Pertumbuhan tulang pada anak kecil terjadi sejak dini. Kesehatan tulang Anda saat ini juga ditentukan kondisi pertumbuhan tulang di masa kecil. Kalsium, magnesium, dan vitamin D dalam susu membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang sejak usia dini. Maka dari itu, anak membutuhkan susu pertumbuhan tulang sebagaimana susu menjadi salah satu sumber nutrisi utama bagi tulang.

1. Kaya Nutrisi

Susu untuk pertumbuhan tulang memiliki banyak sekali nutrisi penting. Beberapa diantaranya adalah vitamin D, kalsium, protein, vitamin A, B, dan B12, kalium, selenium, serta fosfor. Kandungan lengkap tersebut bisa Anda dapatkan dari segelas susu si kecil.

Kandungan mineral dan vitamin yang cukup membantu pemenuhan nutrisi harian. Selain fokus pada pertumbuhan tulang, tumbuh kembang si kecil secara keseluruhan akan berlangsung baik pula. Anak akan terhindar dari malnutrisi dan bisa bertumbuh secara optimal.

2. Kelengkapan Vitamin D

Seperti yang disinggung sebelumnya, vitamin D pada susu adalah salah satu nutrisi utama. Tahukah Anda bahwa balita banyak yang kekurangan vitamin D dalam nutrisi hariannya? Untuk menghindarinya, anak-anak dari usia 1 tahun disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian.

Sinar matahari adalah sumber utama vitamin D yang membantu tubuh anak Anda menyerap kalsium. Anak-anak bisa mendapatkan vitamin D hanya dengan bermain di luar dan berjemur di bawah sinar matahari selama 10 hingga 15 menit. Sayangnya, aktivitas tersebut tidak cukup dan susu menjadi solusi dalam mendapatkan vitamin D yang jauh lebih lengkap.

3. Sebagai Sumber Energi

Pertumbuhan tidak akan maksimal jika sumber energi harian anak pun tidak terpenuhi. Anak-anak sangat aktif dan jarang berdiam diri. Semakin banyak aktivitas, semakin banyak  energi yang digunakan. Untuk memenuhi kebutuhan energi anak, ibu dapat memberikan susu setiap hari.

Lemak dan protein adalah sumber kandungan energi dalam susu. Jika anak memiliki energi yang cukup setiap hari, anak akan memiliki energi untuk belajar, bermain, dan tubuh tetap maksimal dalam proses pertumbuhannya.

4. Nutrisi untuk Gigi

Kombinasi komponen dalam susu, seperti kalsium, potassium, protein dan vitamin lain, mendukung pertumbuhan tulang sekaligus gigi anak. Menjaga pertumbuhan dan kesehatan tulang sejak dini mengurangi risiko osteoporosis di tahun-tahun berikutnya. Serta menjaga nutrisi gigi bisa menghindari gigi mudah keropos di masa depan.

Fosfor dan kalsium dalam susu juga membantu gigi anak tumbuh kuat dan sehat. Untuk mencegah kerusakan gigi, konsumsi susu harus diimbangi dengan menyikat gigi dua kali sehari dan pemeriksaan gigi rutin setiap 6 bulan sekali.

Itulah beberapa alasan yang bisa menjadi informasi Anda. Memaksimalkan pertumbuhan tulang anak tidak bisa hanya mengandalkan susu pertumbuhan tulang. Selain mementingkan kandungan, sebaiknya berikan anak Anda segelas susu pertumbuhan yang mudah dicerna anak. Pastikan anak tidak alergi atau mengalami masalah pencernaan saat mengkonsumsi susu tersebut.