5 Manfaat Mainan Mobil-Mobilan untuk Balita Usia 2-5 Tahun

5 Manfaat Mainan Mobil-Mobilan untuk Balita Usia 2-5 Tahun

Jangan sepelekan saat si kecil merengek minta dibelikan mainan mobil. Baik itu mobil remote control, manual, ataupun yang bisa dinaiki. Mengapa? Sebab mainan merupakan sarana pendukung proses tumbuh kembang si kecil. Tak hanya menyenangkan, mainan mobil mobilan juga memiliki banyak manfaat lo. Apa saja sih manfaatnya?

Belajar Bergerak dengan Aktif

Manfaat mainan mobil bagi sang buah hati yang pertama adalah membantu si kecil agar bergerak lebih aktif. Mainan yang satu ini mengharuskan si kecil untuk bergerak lebih aktif. Ia harus mendorong mainan tersebut ke segala arah sebagai bentuk tiruan kendaraan yang sesungguhnya.

Tak hanya itu saja, si kecil juga akan belajar mengenal jenis mobil berdasarkan warnanya. Misalnya saja mobil putih untuk ambulance dan warna merah atau oranye untuk mobil pemadam kebakaran. Namun jika mobil remote control si kecil akan mengejar dan untuk menangkapnya. Aktivitas ini mampu melatih motorik kasar dan motorik halus si kecil.

Belajar Melatih Keseimbangan

Selama bermain mobil mainan secara tidak langsung si kecil akan ikut mempelajari konsep keseimbangan. Saat bergerak dari satu tempat ke tempat lain ia harus bisa mempertahankan keseimbangan tubuhnya agar tidak terjatuh. Namun perlu diingat jenis mainan ini hanya aman untuk balita usia tertentu yang sudah bisa berjalan dan berdiri dengan baik.

Belajar Mengenal Jenis Mobil

Manfaat utama bermain mobil mainan untuk si kecil adalah membantu si kecil untuk mengenal jenis mobil dan fungsinya. Misalnya mobil ambulance, mobil polisi, mobil pemadam kebakaran, truk, bus, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya jenis mobil tersebut secara tidak langsung hal ini akan menambah pengetahuan si kecil.

Tak hanya itu saja, banyaknya mobil mainan dengan berbagai warna juga membuat si kecil dapat mengenal warna dengan baik yang menjadi pertanda awal jika tak ada masalah dengan penglihatannya. Jadi Anda tak perlu menyuruh si kecil untuk menghafal, hanya dengan bantuan alat peraga seperti mobil mainan.

Belajar Mengeluarkan Bunyi

Bermain mobil mainan juga membantu si kecil untuk belajar bersuara dan mengeluarkan bunyi. Anda bisa meminta anak untuk meniru suara mobil tersebut. Jika ia bisa melakukannya dengan baik, maka tak ada masalah dengan pita suaranya.

Belajar Merakit Mainan

Umumnya mobil mainan terdiri dari beberapa keping yang dapat disusun kembali. Hal ini tentu akan menumbuhkan rasa penasaran yang besar pada anak. Tak heran jika ia selalu berusaha membuka dan mengetahui isi di dalamnya. Meski demikian tak perlu marah, Anda justru harus mendukung si kecil untuk merakit kembali mobil mainan tersebut.

Itu dia manfaat mainan mobil-mobilan untuk anak usia 2 hingga 5 tahun yang perlu Anda ketahui. Bagaimana apa Anda juga tertarik membelikan si kecil mobil mainan untuk membantu menstimulasi perkembangannya? Beli saja di toko perlengkapan bayi orami.co.id dengan penawaran harga yang menarik.