6 Adab Berbuka Puasa Sesuai dengan Ajaran Nabi Muhammad

6 Adab Berbuka Puasa Sesuai dengan Ajaran Nabi Muhammad

Bulan puasa merupakan salah satu momen istimewa bagi umat muslim. Saat bulan puasa, bisa bernilai ibadah jika Anda mengikuti anjuran Nabi Muhammad. Waktu berbuka puasa menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu. Namun, perlu Anda ingat jangan sampai jadwal buka puasa membuat Anda kebablasan. Berikut ini ada beberapa hal yang sebaiknya segera dipenuhi saat adzan maghrib berkumandang.

1.    Berdoa Sebelum Berbuka

Sebelum berbuka puasa, sebaiknya membaca doa terlebih dahulu. Hal ini karena saat berbuka puasa menjadi waktu dimana doa mudah dikabulkan. Nabi Muhammad bersabda, bahwa sesungguhnya doa orang yang berpuasa pada waktu berbuka tidak akan ditolak (HR Ibnu Majah).

2.    Segera Berbuka Puasa

Jika ada aturan untuk mengakhirkan waktu sahur, maka Nabi Muhammad justru menganjurkan supaya Anda menyegerakan berbuka puasa. Berbukalah segera saat matahari terbenam atau adzan maghrib berkumandang. Hal ini karena ada keberkahan dan kebaikan dalam berbuka puasa tersebut.

3.    Membaca Basmalah Sebelum Berbuka

Seperti saat sebelum melakukan segala aktivitas, saat berbuka puasa kita juga harus disunahkan untuk mengucapkan basmalah yang artinya “dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”. Meskipun bacaan ini dianggap sepele, namun jangan sampai terlewatkan ya karena ada pahala yang akan Anda dapatkan di balik amalan satu ini.

4.    Berbuka dengan Kurma atau Air Putih

Nabi Muhammad menganjurkan kita berbuka dengan sebiji kurma, baik kurma segar ataupun kurma kering. Namun, jika tidak mempunyai kurma, Anda bisa berbuka dengan menggunakan air putih terlebih dahulu. Kurma mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat kurma adalah untuk meningkatkan energi dan menyehatkan sistem pencernaan. Sedangkan air putih juga memiliki manfaat bagi tubuh yaitu sebagai penangkal racun yang ada di dalam tubuh. Maka dari itu, saat jadwal buka puasa tiba Anda bisa mengonsumsi kurma atau air putih.

5.    Berdoa Setelah Berbuka

Biasanya, setelah makan saat berbuka puasa kita juga disunnahkan untuk membaca doa setelah makan. Doa yang biasa dibaca oleh Nabi Muhammad adalah berikut ini “Alhamdulillahilladzii ath’amanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghairi haulin minnii wa laa quwwatin”.

Artinya segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan ini, dan merezekikan kepadaku tanpa daya serta kekuatan dariku. Tak hanya doa di atas, Anda juga diperkenankan hanya membaca kalimat “Alhamdulillah” saja setelah makan.

6.    Jangan Berlebihan

Saat berhadapan dengan makanan yang banyak, rasanya pasti ingin langsung melahapnya. Namun, Anda harus ingat bahwa sesuatu yang berlebihan terutama dalam hal berbuka puasa tidak baik untuk dilakukan. Maka dari itu, saat berbuka puasa sebaiknya makan secukupnya saja.

Nah, itulah 6 adab berbuka puasa sesuai dengan Nabi Muhammad SAW. Jangan sampai kita keliru, mulai sekarang ayo kita terapkan sunnah-sunnah nabi di atas. Ingin membaca artikel islami? Kunjungi orami, dan temukan artikel-artikel yang menarik!