Manfaat Wortel untuk Menyembuhkan Sakit Kuning

Apakah Ada Manfaat Wortel untuk Menyembuhkan Sakit Kuning pada Orang Dewasa?

Penyakit kuning adalah penyakit yang disebabkan karena ada gangguan pada fungsi hati. Sehingga pigmen kuning/ bilirubin yang disimpan oleh hati, masuk secara berlebihan ke dalam darah dan naik ke lapisan bawah kulit dan menyebabkan kulit menjadi kuning. Nah, pertanyaannya apakah ada manfaat wortel untuk memperbaiki fungsi hati?

Seperti yang sudah diketahui, wortel memiliki banyak vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Ada vitamin A, B, C, D, E, K, kalsium, kalium, serat, dan beta karoten. Beta karoten adalah salah satu vitamin yang membuat wortel berwarna oranye. Zat inilah yang disimpan hati untuk membantu mengurai darah merah dalam tubuh.

Sebelum masuk ke bahasan apakah ada manfaat wortel untuk memperbaiki gangguan pada fungsi hati yang memproduksi bilirubin berlebihan sehingga menyebabkan penyakit kuning, akan dibahas terlebih dahulu penyebab seseorang bisa mengalami sakit kuning, utamanya pada bayi.

Penyebab kulit menjadi kuning

Kulit berwarna kekuningan umumnya dialami oleh bayi, tapi orang dewasa pun bisa mengalaminya. Penyebab utamanya sudah pasti karena ada peningkatan bilirubin dalam tubuh. Tapi, peningkatan bilirubin dalam tubuh pasti ada penyebabnya juga. Meningkatnya bilirubin bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Pada tubuh orang dewasa, peningkatan bilirubin yang berlebih mengindikasikan adanya kerusakan pada organ hati atau liver. Bisa juga karena adanya penyakit pada empedu, karena empedu adalah tempat dimana bilirubin disimpan, sehingga jika empedu terkena penyakit maka bilirubin juga ikut meningkat.

Sedangkan pada bayi, peningkatan bilirubin disebabkan oleh produksi bilirubin bayi yang lebih banyak dibanding orang dewasa sedangkan organ hati belum bekerja dengan sempurna. Ternyata pada orang dewasa peningkatan bilirubin juga disebabkan adanya kelainan sel darah merah, sehingga pada saat pembelahan sel kandungan bilirubin menjadi terlalu banyak.

Manfaat wortel untuk sembuhkan sakit kuning

Nah, apakah salah satu dari manfaat wortel adalah untuk menyembuhkan penyakit kuning? Jawabannya adalah iya. Bahkan mengonsumsi wortel disarankan untuk orang yang mengalami sakit kuning akibat naiknya kadar bilirubin dalam darah. Wortel mengandung vitamin A, C dan beta karoten kan?

Nah, zat-zat tersebut sangat bagus untuk detoksifikasi fungsi hati. Zat-zat tersebut dapat membantu memperbaiki gangguan fungsi hati yang disebabkan naiknya bilirubin akibat beberapa indikasi gejala penyakit.

Kesimpulannya, ada manfaat wortel untuk membantu proses penyembuhan dari sakit kuning dengan berbagai kandungan yang mampu mendetoksifikasi organ hati. Ingat, wortel harus dikonsumsi sesuai takaran yang dianjurkan oleh dokter, tidak bisa dikonsumsi berlebihan dengan tujuan agar cepat sembuh.

Wortel mengandung betakaroten sebagai pigmen oranye wortel, sehingga jika dikonsumsi berlebihan bukannya akan membuat sembuh dari sakit kuning, tapi justru membuat kulit kuning karena kandungan betakaroten diluar batas wajar.