Atasi Biduran Pada Anak dengan 5 Cara Alami Ini!

Atasi Biduran Pada Anak dengan 5 Cara Alami Ini!

Biduran atau dalam istilah medis disebut dengan urtikaria, merupakan suatu reaksi pada kulit yang ditandai dengan munculnya bentol kemerahan atau putih dan terasa gatal. Biduran pada anak pun kerap ditemukan dan banyak dialami. Biduran umumnya muncul dalam bentuk dan ukuran yang berbeda, mulai dari kecil hingga berkelompok besar.

Reaksi alergi, infeksi, stres, hingga reaksi terhadap suhu panas merupakan beberapa penyebab umum biduran yang kerap terjadi. Biduran ringan memang dapat sembuh dengan sendirinya, namun rasa gatal yang teramat sangat cukup mengganggu keseharian terlebih pada anak-anak. Karena itulah simak cara alami mengatasi biduran pada anak berikut ini.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung senyawa antiinflamasi yang kerap digunakan sebagai obat luka bakar. Selain untuk mengobati luka bakar, tanaman ini juga ampuh menjadi obat biduran bagi si Kecil. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada bagian kulit yang gatal. Namun sebelum mengoleskan, pastikan si Kecil tidak alergi terhadap lidah buaya.

  1. Essential Oil

Anda juga dapat mengoleskan essential oil atau minyak esensial pada saat anak mengalami biduran. Varian minyak esensial cukup banyak, Anda dapat menggunakan varian tea tree, peppermint dan lavender untuk meredakan rasa gatal akibat biduran. Campurkan ketiga varian essential oil diatas lalu oleskan pada area kulit yang gatal.

  1. Minyak Zaitun dan Minyak Kayu Putih

Biduran pada anak juga dapat diatasi dengan perpaduan minyak zaitun dan minyak kayu putih. Minyak kayu putih dikenal ampuh menghilangkan rasa gatal pada kulit, memadukannya dengan minyak zaitun dapat membantu meredakan rasa gatal akibat biduran di kulit si Kecil. Anda hanya perlu mencampurkan kedua minyak tersebut lalu oleskan pada area kulit si Kecil yang gatal.

  1. Oatmeal

Selain nikmat untuk dikonsumsi, rupanya serealia yang satu ini dapat dimanfaatkan sebagai penghilang rasa gatal karena biduran. Anda perlu menghaluskan oatmeal hingga menjadi bubuk, lalu campurkan bubuk oatmeal tersebut dengan air hangat. Anda dapat menggunakannya untuk memandikan si Kecil.

  1. Coconut Oil

Coconut oil atau minyak kelapa juga dapat digunakan untuk menghilangkan biduran di kulit si Kecil. Caranya, siapkan 1/2 gelas coconut oil, essential oil varian peppermint sebanyak 5 tetes, lavender sebanyak 3 tetes, teatree sebanyak 3 tetes, dan frankincense oil sebanyak 3 tetes. Campurkan hingga membentuk krim lembut lalu oleskan pada kulit yang gatal.

Sesuaikan Suhu di Rumah Anda!

Agar biduran si Kecil tidak semakin parah, Anda perlu menyesuaikan suhu di rumah Anda agar tidak terlalu panas ataupun tidak terlalu dingin. Karena pada beberapa kasus ditemukan bahwa biduran dapat semakin parah akibat dari suhu yang terlalu dingin atau panas.

Itulah cara mengatasi biduran pada anak dengan cara alami, ternyata mudah bukan? Namun apabila biduran semakin parah dan tidak kunjung sembuh, segera berkonsultasi dengan dokter.