Cara Mengganti Aki Mobil Secara Mandiri dengan Mudah

Cara Mengganti Aki Mobil Secara Mandiri dengan Mudah

Aki mobil yang bermasalah memang cukup merepotkan karena Anda harus menggantinya. Namun, kini Anda bisa ganti aki mobil secara mandiri dengan cara berikut ini. Meski terlihat rumit, sebenarnya mengganti aki ini cukup sederhana. Hanya saja Anda perlu berhati-hati ketika melepaskan terminal dan mengendurkan bautnya karena akan merusak ECU jika ada kesalahan.

Cara Mengganti Aki Mobil Secara Mandiri

  1. Mematikan mesin mobil

Pertama, sebelum ganti aki mobil, pastikan terlebih dahulu bahwa mesin berada dalam kondisi mati dan kontak ada di posisi off. Diamkan sejenak sekitar 2 menit untuk memastikan bahwa seluruh komponen kelistrikan di mobil sudah benar-benar tidak aktif. Pemberian jeda ini juga berfungsi menghindari rusaknya ECU, yaitu pengatur berbagai sistem di dalam mobil.

  1. Membuka kap mobil dan melepaskan terminal negatif

Selanjutnya, buka kap mobil dan terlebih dahulu lepaskan terminal negatif yang bertujuan untuk menghindari munculnya percikan api. Untuk cara melakukannya cukup mudah. Anda hanya perlu melonggarkan baut di terminal menggunakan kunci pas. Ukuran baut terminal ini biasanya antara 8 atau 10 milimeter. Sesudah terminal tersebut lepas, lakukan juga pada terminal positif. Jangan sampai urutan ini tertukar karena akan mengakibatkan berbagai masalah.

  1. Mencabut aki yang hendak diganti

Setelah terminal negatif dan positif sudah dilepaskan, langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mencabut aki yang hendak diganti dari tempat dudukannya. Berhati-hatilah saat melakukan ini karena berat aki dapat mencapai 20 kg atau lebih. Jika merasa beban tersebut cukup berat, mintalah bantuan teman atau orang lain untuk mengangkat bersama-sama.

  1. Membersihkan kabel terminal dan juga dudukan aki

Jangan lupa untuk membersihkan karat yang terdapat pada kabel terminal dan juga dudukan aki mobil. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan sikat gigi yang sudah tidak dipakai dan baking soda. Apabila dengan cara tersebut masih cukup sulit untuk dibersihkan, cobalah untuk menggunakan sikat kawat supaya karat dapat terangkat.

Setelah menggosok menggunakan baking soda, bersihkan dan pastikan semua korosi tercuci sampai bersih dan tidak ada baking soda yang tertinggal. Keringkan dudukan aki dan terminal dengan menggunakan kain hingga kandungan air menghilang. Agar mudah memasang kembali, Anda bisa melumasi terminal aki tersebut dengan jeli petroleum.

  1. Memasang aki yang baru

Langkah terakhir adalah memasang aki yang baru. Ketika memasang aki yang baru, usahakan ukuran dan kapasitasnya cocok dengan standar yang diberikan oleh pabrik. Selanjutnya, pasang terminal positif terlebih dulu dan dilanjutkan dengan terminal negatif. Cara ini adalah kebalikan dari ketika mencabut aki. Jadi, jangan sampai tertukar antara positif dan negatif.

Tips Menjaga Performa Aki

  1. Membersihkan aki secara berkala

Tips yang paling mudah dilakukan untuk menjaga agar performa aki bisa terjaga adalah dengan membersihkannya secara rutin. Bagian terminal aki adalah salah satu bagian yang harus mendapat perhatian lebih. Terminal ini biasanya akan tertutup oleh kotoran dan debu yang menyebabkan arus listrik dari aki menuju komponen mobil menjadi terhambat. Cara untuk membersihkan bagian ini adalah menggunakan sikat kawat atau plastik.

  1. Memanaskan mobil secara rutin

Tidak hanya membersihkan aki, memanaskan mobil juga perlu dilakukan secara rutin. Jangan sampai karena mobil tidak pernah digunakan lantas tidak pernah dipanaskan mesinnya. Panaskan mesin mobil setidaknya setiap hari. Mobil yang jarang atau tidak pernah dipanasi akan mengakibatkan dampak yang buruk pada kondisi aki dan menyebabkan cepat tekor.

  1. Memastikan adanya listrik di dalam aki

Terakhir, Anda juga harus memastikan tentang ketersediaan listrik yang berada di dalam aki. Menjaga suplai kelistrikan pada aki merupakan cara terbaik untuk merawat aki mobil. Ketika mobil susah untuk dinyalakan, bisa jadi itu merupakan tanda bahwa listrik di dalam aki sudah menipis dan perlu melakukan isi ulang. Anda juga bisa meminta bantuan servis ganti aki mobil panggilan untuk melakukan cek ini.

Itulah cara untuk mengganti oli dan beberapa tips agar performa aki bisa tetap maksimal dalam jangka waktu yang relatif lama. Jika Anda masih ragu untuk melakukan sendiri, Anda bisa menggunakan jasa ganti aki mobil panggilan supaya bisa dilakukan di rumah Anda.