Kosakata Bahasa Inggris untuk Karyawan dalam Dunia Kerja

Kosakata Bahasa Inggris untuk Karyawan dalam Dunia Kerja

Ketika masuk ke dunia baru, pasti kita akan menemukan hal-hal baru. Begitu pula dengan dunia kerja, ada berbagai hal baru seperti kosakata bahasa Inggris yang jarang ditemukan sebelumnya.

Biasanya anak-anak fresh graduate yang sering merasakannya, tapi engga menutup kemungkinan juga untuk karyawan lama. Nah, biar engga canggung ketika menemukan kosakata baru, yuk simak kosakata bahasa Inggris untuk karyawan!

Kosakata Bahasa Inggris untuk Karyawan

Gross

Kosakata ini biasanya ditemukan ketika membahas gaji atau pendapatan. Gross adalah hitungan kotor yang belum dipotong dengan beban lainnya. Jadi, kalau dalam perjanjian gajimu disebut gross, maka kamu engga akan menerima gaji sesuai nominal yang tertera.

Nah, di sini pentingnya bahasa Inggris untuk karyawan terutama fresh graduate. Kalau hal kecil seperti ini aja kamu engga tau artinya, gimana nanti pas kerja? Makanya sekarang karyawan wajib punya skill bahasa Inggris, lho!

Leave of Absence

Tau cuti dalam bahasa Inggris? Bukan, bukan holiday. Cuti dalam bahasa Inggris adalah leave. Meskipun secara harfiah leave adalah meninggalkan, dalam dunia leave dikaitkan dengan cuti kerja.

Ada banyak cuti yang berlaku di Indonesia yang dibedakan tergantung kebutuhan. Mulai dari annual leave (cuti tahunan), sick leave (cuti sakit), maternity leave (cuti hamil), unpaid leave (cuti tidak berbayar), dan lain sebagainya.

Change Off

Change off adalah tindakan yang dilakukan oleh karyawan untuk mengganti hari kerjanya ke hari lain karena ada keperluan mendesak. Biasanya karyawan akan mengganti ke weekend atau hari libur.

Key Performance Indicator

Key Performance Indicator atau sering disingkat menjadi KPI adalah alat ukur perusahaan dalam menilai efektivitas perusahaannya dalam mencapai suatu tujuan. Sederhananya, kpi adalah cara perusahaan untuk meninjau kinerja karyawan.

Deadline

Familiar dengan kosakata satu ini? Yap, deadline pasti ada di perusahaan mana pun. Deadline adalah tenggat waktu atau batas akhir suatu pekerjaan untuk diselesaikan oleh karyawan. Sedangkan, untuk karyawan yang senang kerja mendekati deadline disebut deadliner.

Job Description

Setiap posisi di perusahaan mana pun pasti memiliki wewenang dan tanggung jawab masing-masing. Uraian wewenang dan tanggung jawab tersebut biasa dijelaskan dalam job description atau job desc.

Workload

Workload adalah beban kerja. Workload berbeda dengan job description karena workload lebih menjelaskan isi dari job description.

Collateral

Dalam dunia marketing, collateral adalah kumpulan media yang digunakan untuk mempromosikan dan memasarkan suatu brand atau produk. Namun jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, collateral memiliki arti jaminan. Nah, makanya jangan salah paham ya!

Copyright

Copyright adalah hak cipta dari sebuah karya. Perusahaan biasanya memiliki copyright demi melindungi brand atau produknya sehingga terhindar dari plagiarisme.

Clause

Dalam perjanjian kerja biasanya terdapat poin-poin kesepakatan antara karyawan dan perusahaan. Poin-poin kesepakatan itu biasa disebut clause. Jadi karena disepakati bersama, kamu perlu baca baik-baik biar terhindari dari ketentuan yang merugikanmu.

Nah itu dia kosakata bahasa Inggris untuk karyawan dalam dunia kerja. Sekarang bahasa Inggris menjadi skill yang wajib dimiliki seorang karyawan. Bukan tanpa alasan, itu karena semakin banyak pekerjaan yang menggunakan bahasa Inggris.

Bahasa Inggris juga memudahkanmu mendapatkan pekerjaan. Makanya, kamu perlu daftar kursus bahasa Inggris untuk karyawan seperti Cakap sebelum terlambat. Ribuan kandidat punya skill bahasa Inggris, masa kamu mau kalah?