Penyakit yang Bisa Menyerang Organ Lambung

Tanya Dokter Spesialis Lambung Tentang Penyakit yang Bisa Menyerang Organ Lambung

Setiap organ tubuh manusia mempunyai fungsinya masing-masing yang bisa membuat tubuh tetap sehat. Seperti misalnya lambung yang merupakan salah satu organ penting dalam badan seseorang. Organ lambung mempunyai fungsi seperti dapat untuk menyimpan dan juga memecah makanan ataupun minuman yang dikonsumsi. Sehingga tentu saja organ ini harus dijaga kesehatannya, karena apabila lambung tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik bisa untuk mempengaruhi kesehatan tubuh. Anda bisa untuk tanya dokter spesialis lambung untuk mengetahui cara kesehatan menjaga lambung yang baik. Selain itu juga bisa bertanya di aplikasi Halodoc untuk mendapatkan solusi dan melakukan konsultasi mengenai cara menjaga kesehatan lambung agar tidak terkena berbagai penyakit yang bisa menyerang organ ini. Adapun contohnya beberapa penyakit yang bisa organ lambung yang harus diwaspadai adalah:

  • Gastritis

Masalah pertama yang bisa dialami dan terjadi pada organ lambung adalah gastritis. Penyakit ini merupakan kondisi ketika lambung mengalami peradangan sehingga mengakibatkan asam lambung yang dapat merusak lapisan pelindung dindingnya. Kondisi tersebut nantinya akan dapat membuat dinding lambung habis sehingga membuat lambung terasa tidak nyaman dan mengalami nyeri lambung, pendarahan dan juga tukak lambung. Pada umumnya gejala yang dialami penderita gastritis adalah mudah merasa kenyang, perut sakit, muntah, dan juga mual.

  • GERD

Penyakit selanjutnya yang bisa diderita pada bagian lambung adalah GERD atau gastroesophageal reflux disease. Penyakit ini juga dikenal sebagai penyakit refluks asam lambung yang dapat membuat kondisi lamubng menjadi naik ke esofagus atau kerongkongan. Hal tersebut dapat membuat iritasi pada esofagus dan juga nyeri ulu hati. Sehingga ketika mengalami refluks asam lambung, biasanya hal tersebut akan menyebabkan penderitanya merasa kembung, rongga mulut menjadi asam karena asam lambung yang naik, dada hingga tenggorokan menjadi nyeri dan tersumbat, sendawa, batuk kering, dan juga sulit menelan makanan. Adapun untuk penyebab penyakit GERD adalah tidur setelah makan, kelebihan berat badan, suka merokok, dan mengkonsumsi alkohol.

  • Tukak lambung

Penyakit selanjutnya yang bisa dikonsultasikan dengan dokter terbaik di aplikasi Halodoc adalah tukak lambung. Penyakit ini merupakan kondisi lambung yang mengalami luka terutama pada bagian dinding lambung karena terkikisnya lapisan lambung. Penyebab dari penyakit ini adalah karena infeksi bakteri Helicobacter pylori. Selain itu tukak lambung juga bisa disebabkan oleh penggunaan antiinlamasi nonsteroid dalam jangka panjang. Gejala yang dapat ditimbulkan dari penyakit ini adalah BAB berdarah, mual dan muntah, cepat kenyang, dan mengalami penurunan nafsu makan yang dapat menyebabkan penurunan berat badan.

  • Dispepsia

Penyakit yang bisa diderita lambung yang tidak dijaga kesehatannya adalah dispepsia. Penyakit ini juga berkaitan dengan penyakit lambung lainnya seperti tukak lambung, gastritis, hingga kanker lambung. Untuk gejala yang dirasakan dispepsia adalah perut yang tidak nyaman, mual, perut yang terasa panas, penurunan berat badan, hingga muntah darah yang perlu diwaspadai ketika penyakit sudah parah.

  • Kanker lambung

Sebaiknya ketika Anda sudah mendapatkan gejala penyakit yang menyerang lambung dan sudah berkonsultasi dengan tanya dokter spesialis lambung di aplikasi Halodoc, maka lebih baik untuk segera dibawa ke dokter. Sehingga hal tersebut tidak akan membuat penyakit yang lebih parah seperti kanker lambung. Dimana kanker lambung merupakan penyakit yang dapat tumbuh perlahan hingga bertahun-tahun. Adapun penyebab dari penyakit ini adalah karena terlalu sering mengkonsumsi daging merah, merokok, obesitas, infeksi bakteri, dan juga kurang mengkonsumsi makanan yang kaya serat.