Tidak Melulu Sekolah, Bagaimana Cara Mendapatkan Informasi Pengetahuan Baru?

Tidak Melulu Sekolah, Bagaimana Cara Mendapatkan Informasi Pengetahuan Baru?

 Kekurangan informasi pengetahuan baru saat berbicara dengan orang lain? anda dapat mencari berbagai ilmu baru dengan banyak hal. Bagaimana cara yang dimaksud?

Sebagai manusia berinteraksi adalah hal yang lumrah. Melalui interaksi, setiap individu menemukan berbagai informasi, baik yang dipahami dan tidak dipahami. Namun perasaan malu kerap muncul, jika tidak memahami informasi yang disampaikan. Bila hal ini terjadi pada anda, berarti keinginan untuk menemukan informasi pengetahuan baru tengah muncul. Bingung bagaimana cara mendapatkannya? Ada beberapa hal yang dapat dilakukan dan akan disampaikan pada kesempatan ini.

Pengetahuan dan Pendidikan

Berbicara tentang knowledge tidak lepas kaitannya dengan pendidikan. Namun diantara keduanya terselip pertanyaan, apakah seluruh masyarakat mendapatkan kesempatan yang sama dalam memperolehnya? Seharusnya pendidikan diperoleh masyarakat tanpa memandang perbedaan kelas, warna kulit ataupun gender.

Sayangnya, pendidikan dan knowledge belum terbagi secara merata. Banyak pihak-pihak yang tidak dapat menikmati pendidikan. Sebut saja diantaranya perempuan yang masih dianggap sebagai kaum nomor dua dan tidak layak untuk bersekolah. Apakah anda mengalami hal yang sama? Jika demikian, bagaimana cara mendapatkan knowledge baru di luar dari bangku sekolah?

4 Cara Dapatkan Informasi Pengetahuan

Banyak yang berpandangan bahwa sekolah adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan ilmu. Namun hal ini salah, karena beberapa cara dibawah ini dapat dijadikan solusinya,

1. Berdiskusi

Tidak memiliki kesempatan untuk bersekolah bukan berarti kesempatan mendapatkan ilmu terhenti. Anda dapat memanfaatkan berdiskusi dengan orang-orang terdekat yang menikmati sekolah. Melalui metode ini, pembelajaran akan lebih maksimal dan harapan mendapatkan ilmu dapat tercapai. Menariknya, diskusi dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun.

2. Belajar dari Berbagai Sumber

Belajar tidak melulu dilakukan di sekolah. Anda dapat belajar melalui berbagai sumber, seperti buku bacaan ataupun para ahli. Jika memiliki kesempatan, ikutilah berbagai seminar atau pelatihan yang ada di lingkungan sekitar. Bila tidak memiliki kesempatan, manfaatkanlah alam untuk mempelajari segala sesuatunya secara mandiri.

3. Belajar dari yang Dimiliki

Hal lain yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan sumber yang telah dimiliki sebelumnya. Contohnya, bacalah seluruh buku atau materi yang telah dimiliki sebelumnya. Proses ini memang memakan waktu lama namun akan memberikan ilmu yang menyeluruh. Kemudian buatlah sebuah konsep yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi tambahan.

4. Penerapan

Cara terakhir adalah mencoba untuk menerapkan semua ilmu yang telah didapat. Proses ini menunjukkan bahwa ilmu yang dipelajari dapat bermanfaat bagi banyak orang. Proses penerapan, juga dapat menjadi media mendapatkan ilmu dari orang lain. Karena akan muncul masukan untuk mendukung hasil pemikiran.

Tidak sulit bukan untuk menemukan informasi pengetahuan baru? Anda hanya membutuhkan kemauan, hingga akhirnya mendapatkan semua yang diinginkan. Tanpa kemauan, tidak ada satupun yang akan didapat. Namun jika kemauan cukup besar, berbagai halangan di depan dapat teratasi dan ilmu yang diinginkan akan diperoleh.