Vitamin untuk Orang Tua untuk Imunitas Lebih Kuat

Vitamin untuk Orang Tua untuk Imunitas Lebih Kuat

Semakin bertambah usia, kekebalan tubuh semakin menurun. Orang tua memang lebih rentan sakit dibanding orang-orang yang masih muda. Itulah kenapa orang tua harus memperhatikan asupan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh agar kesehatan dan daya tahan tubuh tetap terjaga. Vitamin untuk orang tua bisa dipenuhi dari makanan, minuman, ataupun suplemen. Lalu, apa saja vitamin yang dibutuhkan oleh orang tua?

Pentingnya Vitamin untuk Orang Tua

Defisiensi vitamin & mineral pada orang lanjut usia (lansia) sangat beresiko mengganggu kesehatan dan rawan terkena berbagai macam penyakit. Misalnya adalah demam, mudah pilek, cepat lelah, infeksi, dll. Itulah kenapa penting memahami vitamin untuk kekebalan (imun) tubuh agar terhindar dari masalah kesehatan pada orang yang lanjut usia.

Vitamin-vitamin yang Dibutuhkan Lansia

Lansia adalah mereka yang usianya di atas 50 tahun. Lansia beresiko mengalami hambatan dalam penyerapan nutrisi seperti asam volat, vit B6, dan vit B12 yang berberan penting membantu proses metabolisme tubuh yang akan berpengaruh kepada kinerja sistem kekebalan tubuh lebih baik. Untuk itu, asupan vitamin B6 & B12 dan asam folat harus dimaksimalkan.

Selain itu, vitamin E juga sangat penting untuk imunitas & kualitas hidup lansia. Vitamin E berfungsi sebagai anti-oksidan guna meningkatkan respon tubuh saat terjadi peradangan dan mempengaruhi daya tahannya.

Vit D juga termasuk vitamin untuk orang tua yang sangat penting. Vitamin ini bermanfaat untuk kesehatan tulang. Tak hanya itu saja, vitamin D juga berfungsi menjaga daya tahan tubuh. Bahkan, vitamin ini bisa memodulasi respon kekebalan tubuh bawaan & respon imun adaptif.

Kekurangan zat besi (iron) juga akan berpengaruh pada imunitas, khususnya pada lansia. Karena kondisi fisk lansia sudah menurun, maka asupan zat besi harus benar-benar cukup. Zat besi adalah mineral yang mampu melawan infeksi dan penyakit.

Satu lagi, zinc termasuk nutrisi penting untuk sistem imun, khususnya lansia. Asupan zinc harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh karena sering terjadi kekurangan zinc pada lansia. Dengan asupan zinc, lansia dapat mengaktifkan sel T dalam tubuh yang bisa berfungsi mencegah infeksi dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itulah beberapa vitamin untuk orang tua yang harus benar-benar diperhatikan. Tentu saja, masih banyak lagi vitamin yang bagus untuk kesehatan dan tubuh kita semua. Namun, dengan memastikan cukupnya asupan mineral & vitamin di atas, tingkat kekebalan tubuh pada lansia akan semakin kuat. Ketika imunitas meningkat, penyakit pun tak akan mudah menyerang. Kamu pun bisa menikmai hidup lebih baik. Untuk mendapatkan nutrisi-nutrisi penting tersebut, Nestle menyediakan berbagai macam produk yang cocok untuk lansia karena mengandung vitamin dan mineral-mineral di atas.