5 Cara Mengatasi Suhu Panas Pada Badan Bayi di Rumah

5 Cara Mengatasi Suhu Panas Pada Badan Bayi di Rumah

            Suhu normal bayi dapat menjadi tanda bahwa bayi terkena demam. Orang tua wajib mengetahui cara mengatasi demam pada bayi, terutama orang tua baru. Hal ini dilakukan agar orang tua tidak mudah panik saat bayi mengalami demam dan dapat mengatasinya sendiri di rumah.

            Demam yang terjadi pada bayi biasanya dikarenakan adanya infeksi bakteri atau virus, memakai pakaian terlalu tebal, atau demam setelah melakukan imunisasi. Suhu tubuh bayi yang sedang terkena demam mencapai 38 derajat celsius atau lebih, jadi orang tua perlu mengukurnya dengan termometer digital untuk mengetahui suhu yang lebih detail.

            Bayi yang terkena demam seringkali dianggap sebagai tanda bahwa tubuh bayi sedang melawan adanya infeksi atau penyakit. Meskipun demam terlihat bukan hal yang serius, tetapi terkadang bayi akan menunjukkan beberapa gejala yang harus ditanggapi dengan serius, seperti tidak nafsu makan atau minum, diare, muntah, dan sesak napas.

            Jika orang tua merasa tidak dapat merawat bayi yang demam dengan cara sederhana di rumah, orang tua dapat segera membawa bayi ke dokter anak. Bagi orang tua yang ingin merawat bayi yang terkena demam di rumah, berikut ini terdapat 5 cara mengatasi suhu panas pada badan bayi di rumah.

  1. Gunakan Kompres

Saat bayi sedang terasa memiliki suhu tubuh yang panas atau demam, orang tua dapat menggunakan lap basah untuk kompres bagian tubuh bayi dengan air biasa atau air hangat saat sedang tidur. Bagian badan yang perlu dikompres yaitu dahi. Jika bayi terkena demam tinggi, maka dapat kompres bagian ketiak, leher, atau pangkal paha.

  1. Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Jika bayi sedang demam, maka orang tua dapat kenakan pakaian bayi yang nyaman. Pakaian tidak perlu terlalu tebal, tetapi perhatikan bahan dari pakaian tersebut. Pastikan pakaian dapat dikenakan dengan nyaman.

Bila bayi terlihat menggigil dan kedinginan, gunakan selimut atau kain untuk menutupi bagian tubuh bayi, agar lebih hangat.

  1. Berikan Bayi Minum yang Cukup

Kondisi tubuh bayi yang sedang terkena demam akan berubah menjadi panas. Hal ini dapat membuat bayi kehilangan banyak cairan melalui penguapan dari kulit mereka. Untuk menjaga tubuh bayi agar tidak dehidrasi, ada baiknya orang tua memberikan bayi minum yang cukup.

Selain memberikan asupan ASI, orang tua dapat memberikan susu formula agar tubuh bayi tetap stabil dan terhindar dari dehidrasi.

  1. Menjaga Suhu Ruangan

Menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk di tempat bayi berada merupakan salah satu cara untuk mengatasi suhu panas pada bayi. Anda dapat menggunakan kipas angin untuk membuat ruangan menjadi sejuk, tetapi jangan diarahkan secara langsung kepada bayi.

Anda juga dapat menyalakan AC dalam suhu yang normal untuk menjaga kesejukan ruangan di tempat bayi berada.

  1. Memberikan Obat Penurun Panas

Jika segala cara untuk menurunkan suhu panas pada badan bayi tidak menunjukkan hasil, maka Anda dapat memberikan obat penurun panas dengan dosis yang tepat untuk bayi. Disarankan untuk melakukan konsultasi kepada dokter anak terlebih dahulu agar tidak salah langkah dalam memberikan obat.

Obat yang biasanya diberikan kepada bayi saat sedang mengalami demam yaitu paracetamol. Anda dapat memberikan obat penurun panas lainnya sesuai yang dianjurkan oleh dokter agar lebih aman dan lebih ampuh.

Begitulah beberapa cara untuk mengatasi suhu panas pada badan bayi di rumah, orang tua dapat mempraktikkannya dengan aman dan tidak berbahaya bagi bayi.