Mungkin Gejala Perut Kembung, Begini Cara Mudah Mengetahui dan Mengatasinya

Anak Rewel? Mungkin Gejala Perut Kembung, Begini Cara Mudah Mengetahui dan Mengatasinya

Keadaan perut yang kembung tentu terasa tidak nyaman. Seorang bayi juga merasakan hal yang sama ketika perutnya kembung. Ada beberapa penyebab yang membuat perut bayi kembung dan ada gejala yang akan timbul. Ketika bayi mengalami perut yang kembung maka harus segera mendapatkan penanganan. Biasanya bayi akan lebih rewel dari biasanya ketika mengalami sebuah masalah. Apa sebenarnya penyebab perut bisa kembung?

Penyebab pertama adalah menelan bayak udara. Bayi suka menangis tentu lebih berisiko untuk menelan udara yang lebih banyak. Pemberian empeng atau dot bayi juga memicu si kecil menelan banyak udara. Penyebab ke dua adalah menelan air susu dengan durasi yang lebih cepat. Selain itu posisi menyusui yang salah juga menyebabkan bayi menelan udara lebih banyak.

Penyebab ke tiga adalah alergi terhadap susu maupun makanan. Bentuk alergi setiap orang berbeda – beda. Bayi bisa saja alergi terhadap sesuatu dengan bentuk perut yang kembung. Penyebab yang ke empat adalah anak sedang sakit atau masuk angin. Itulah beberapa penyebab yang sering memicu perut bayi menjadi kembung. Apakah gejala yang akan timbul ketika perut kembung?

Bayi belum mampu menyampaikan apa yang dirasakan dengan gamblang. Biasanya bayi akan mengatakannya dengan kode tertentu atau dengan cara menangis. Gejala yang akan timbul ketika perut kembung adalah bayi menangis. Untuk bayi yang sudah besar akan menunjuk perut sambil menangis. Gelaja tersebut bisa menandakan bahwa keadaan perut bayi tidak sedang baik.

Gejala ke dua adalah perut akan terasa keras setiap kali makan. Bagi bayi yang sudah dikenalkan MPASI maka harus memilih MPASI dengan tepat. Bisa saja bayi mengonsumsi makanan yang mengandung gas tinggi. Hal tersebut akan memacu perut kembung dan keras setiap kali makan. Gejala ke tiga adalah bayi sering buang gas atau kentut. Seseorang yang mengeluarkan gas berlebihan pastinya memiliki gas tinggi di dalam perut.

Jika kondisi ini lebih serius maka anak bisa menunjukkan gejala seperti deman dan diare. Selain itu perut akan terasa sakit dan bahkan bayi bisa muntah.  Itulah gejala – gejala bayi yang mengalami perut kembung. Masalah ini harus segera diatasi karena tidak baik untuk bayi. Jika perut bayi mengalami kembung berarti ada sesuatu yang tidak baik dalam sistem pencernaan si kecil.

Ada beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Cara yang paling simpel adalah menggunakan minyak telon. Minyak telon akan memberikan rasa hangat dan mempermudah gas untuk hilang dari perut bayi. Dengan memberikan rasa hangat maka bayi tidak akan rewel lagi. Itulah penyebab serta gejala yang akan dimuncul ketika bayi mengalami perut yang kembung.