Fakta-Fakta Penting tentang Suhu Normal Bayi

Fakta-Fakta Penting tentang Suhu Normal Bayi

Suhu normal bayi berkisar antara 36 derajat celcius sampai dengan 37 derajat Celcius. Anda perlu memantau suhu tubuh bayi agar tetap stabil sehingga kondisi kesehatannya tetap terjaga. Berikut ini beberapa fakta-fakta penting tentang suhu tubuh bayi yang normal.

Alat Ukur yang Disarankan

Fakta tentang suhu tubuh bayi sebaiknya menggunakan alat ukur termometer digital yang penggunaannya di ketiak. Tingkat keakuratan dari alat ukur ini akan sangat membantu Anda untuk bisa mengecek kondisi suhu bayi dengan akurat. Jangan menggunakan termometer raksa yang bisa berisiko pecah.

Suhu Tubuh Bayi

Fakta terkait tentang suhu tubuh bayi adalah suhu terendahnya 36 derajat celcius. Pada posisi suhu ini masih dikatakan normal. Beberapa kondisi tubuh bayi bisa memiliki suhu 59,8 derajat celcius dan masih dikatakan normal.  Anda bisa memantau suhu tubuh bayi jika sudah ada gejala atau bayi mulai rewel.

Suhu di Pagi Hari

Fakta lainnya dari suhu normal bayi adalah suhunya di bagi hari saat bangun akan terus meningkat sesuai dengan aktivitasnya. Ada pun puncak suhu tertinggi lainnya dari suhu tubuh bayi adalah di sore hari. Kondisi ini wajar dan normal terjadi pada bayi, makanya Anda tidak disarankan mengukur suhu bayi saat beraktivitas.

Suhu Normal Bayi Laki-Laki

Suhu tubuh normal pada bayi laki-laki menurut IDAI adalah bisa mencapai 37,5° celcius. Anda tidak perlu khawatir jika bayi laki-laki saat diukur suhunya mencapai derajat itu. Suhu 37,5 derajat celcius ini sudah menjadi kebiasaan bagi kondisi suhu tubuh bayi Anda.

Suhu Udara

Fakta yang tak kalah mengejutkan adalah suhu normal tubuh bayi dipengaruhi oleh suhu udara. Anda tidak disarankan untuk mengukur suhu tubuh bayi saat suhu udara dalam kondisi yang panas atau tinggi. Jadi suhu tubuh akan tinggi panasnya jika diukur dalam cuaca yang panas dan sebaliknya.

Suhu Tidak Normal karena Virus

Suhu normal bayi akan terganggu jika terkena virus yang membuat bayi mengalami sakit. Contohnya seperti sakit flu, radang, infeksi telinga, dan penyakit lainnya. Anda bisa mencegah hal ini dengan menjaga sistem imun bayi,

Imunisasi

Fakta lain dari suhu normal bayi akan berubah jika mengalami imunisasi. Ditandai dengan pipi bayi yang memerah, berkeringat, dan terasa hangat di bagian perut, dahi, dan punggung. Jadi ketika bayi setelah diimunisasi mengalami demam itu adalah hal yang normal.

Suhu di Daerah Tertentu

Area mulut dengan suhu sekitar 35,8-37,5° celcius. Berbeda lagi suhu pada bagian dubur yaitu 36,6-38° Celsius. Suhu normal pada bagian ketiak bayi sekitar 36,5-37,3° Celsius. Ada pun suhu di bagian telinganya adalah sekitar 35,8-38° celcius.

Anda bisa mengetahui suhu normal bayi dengan melihat kebiasaan kondisi suhunya. Jangan didiamkan saja jika suhu tubuh bayi naik mendadak dan dia menjadi rewel. Penting untuk Anda selalu memantau kondisi bayi.