Tempat Wisata Taman Buah Mekarsari di Bogor

Tempat Wisata Taman Buah Mekarsari di Bogor

Bogor merupakan salah satu kota wisata yang menawarkan berbagai macam tempat wisata yang penuh dengan keanekaragaman hayati dan margasatwa. Tempat wisata di Bogor yang paling sering dikunjungi adalah Taman Safari Bogor dan Kebun Raya Bogor namun terdapat tempat wisata lainnya yang wajib dikunjungi jika anda berkunjung ke Bogor yaitu Taman Buah Mekarsari.

Taman Buah Mekarsari adalah sebuah pusat tempat pelestarian keanekaragaman hayati terbesar di dunia yang bertujuan menciptakan kebun hortikula. Taman ini terdiri dari kebun buah-buahan, bunga, sayuran, dan kebun koleksi tanaman hias.

Selain sebagai tempat pelestarian, Taman Buah Mekarsari juga dijadikan sebagai tempat penelitian budidaya, pemuliaan, dan pengembangan bibit unggul yang kemudian akan disebarluaskan kepada para petani dan masyarakat umum.

Lokasi Taman Buah Mekarsari

Lokasi Taman Buah Mekarsari terletak di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol KM.3, Mekarsari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Anda juga bisa mengunjungi Taman Buah Mekarsari menggunakan transportasi umum dengan mengikuti rute berikut :

     Jika anda datang dari kota Bekasi, anda bisa menaiki bus Kowanbisata jurusan Bekasi – Jonggol dan akan langsung turun di depan taman wisata.

     Jika anda datang dari Kampung Rambutan, anda bisa menaiki angkutan kota Kowanbisata jurusan Bogor – Jonggol dan bisa langsung turun tepat di depan gerbang taman wisata.

Harga Tiket dan Jam Operasional Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari dibuka mulai dari jam 08.30 s/d 16.00 setiap harinya dan untuk tiket masuk mobil seharga Rp 20.000, tiket masuk motor seharga Rp. 10.000, dan tiket masuk bus seharga Rp. 40.000. Harga ini tidak termasuk harga wahana permainan yang ada dan harus dibayar terpisah.

Fasilitas Wisata Taman Buah Mekarsari

Dengan tanah seluas 264 hektar, Taman Buah Mekarsari melestarikan kenakaragaman hayati kurang lebih berjumlah 1.470 varietas tanaman buah-buahan dan 100.000 pohon diantaranya yaitu tanaman sayur, tanaman rempah, tanaman pangan, tanaman industri, tanaman hias, tanaman pelindung dan lain-lain.

Anda juga bisa menemukan tanaman langka seperti bunga bangkai, sawo kecik, kesemek, dan tanaman tropis lainnya yaitu melon, rambutan, nangka, dan masih banyak lagi. Karena Taman Mekarsari memiliki tempat penelitian dan laboratorium untuk menyilangkan varietas tumbuh-tumbuhan, anda bisa menemukan varietas baru seperti jambu air cengkih, irung petruk, nenas arnis, dan varietas lainnya.

Anda juga bisa membeli aneka jenis bibit tanaman buah di Garden Center seperti alpukat mentega, buah naga merah, jambu air, asam selong, belimbing malaya, salak, rambutan, dan bibit-bibit lainnya.

Selain fasilitas wisata kebun buah, terdapat fasilitas Taman Buah Mekarsari yang wajib anda kunjungi wisata bermain seperti wahana rekreasi, wahana air, dan family garden. Taman Mekarsari juga menyediakan paket grup dan tur entah itu untuk tujuan berwisata, edukasi, dan lainnya.

Wahana rekreasi yang disediakan yaitu big baloon, sepeda tuk-tuk, wahana 3D trick art, bungee trampoline, dan masih banyak lagi. Selain itu, terdapat wahana air yang tidak kalah menarik yaitu banana boat, speed boat, sepeda air, rolling dan floating donut, dan aneka wahana lainnya.

Terdapat Water Kingdom dengan fasilitas Boomerang Slide dengan ketinggian 16 meter dan papan luncur sepanjang 118 meter, Lazy River dengan panjang 600 meter. Selain itu, anda bisa menikmati pemandangan dengan menaiki perahu di Danau Cipinung dengan luas sekitar 20 hektar.

Taman Buah Mekarsari juga menyediakan fasilitas penginapan dengan harga terjangkau yaitu Rumah Pohon dengan harga Rp 990.000 untuk akhir pekan dan Rp 770.000 untuk hari biasa, dan Family Camp dengan harga Rp 800.000.