Tips Perawatan Mesin Mobil yang Benar

Tips Perawatan Mesin Mobil yang Benar

Mobil merupakan sebuah kebutuhan di era modern saat ini, bahkan beberapa orang kaya di luar sana mobil bisa juga menjadi sebuah investasi bagi mereka khususnya penggemar mobil sport atau supercar, maka dari itu dari sisi perawatan semua jenis mobil bisa disimpulkan sangatlah penting.

Mesin adalah jantung dari kendaraan dan perawatan mesin yang tepat sangat penting untuk memastikan kinerja maksimum selama masa anda menggunakan kendaraan tersebut bahkan selama digarasipun juga membutuhkan sebuah perawatan intens.

Penerapan sistem perawatan berkala mobil yang sangat sederhana sekalipun seperti memeriksa kondisi oli secara teratur yang merupakan nyawa dari keutuhan mesin harus anda jadwalkan rutin minimal 6 bulan sekali jika kita berbicara masalah waktu.

Karena mesin memiliki banyak bagian yang bergerak dan berputar, maka harus dilumasi dengan baik dan pelumas ini tidak lain diambil peran pentingnya oleh oli mesin pada mobil anda.

Namun, seiring waktu, oli menjadi terkontaminasi karena sering digunakan akibat penyaringan proses pembakaran bahan bakar yang bisa jadi setiap hari anda gunakan. Masalah mulai dari bocornya saringan oli sampai dengan masalah terbesar turun mesin menjadi hal yang krusial sekali jika anda mengabaikan masalah ini.

Pemantauan rutin dengan servis berkala harus anda lakukan memang jika ingin mesin mobil dan power mobil anda tetap terjaga. Pada beberapa kasus malahan ada yang menggunakan waktu berbeda dalam mengecek kualitas oli mereka yakni menggunakan patokan jarak tempuh 7000-10000 km atau 3 bulan selama mobil digunakan.

Panas berlebih berbahaya bagi mesin ketika bahan bakar dibakar di dalam mesin, banyaknya panas yang dihasilkan ini akan membuat kinerja oli sebagai fungsi pendingin memastikan bahwa suhu mesin dijaga dalam batas maksimal.

Memeriksa level cairan pendingin, inspeksi visual terhadap kebocoran pada saringan, memeriksa integritas dan kondisi kipas pendingin radiator merupakan prosedur wajib yang rutin harus anda lakukan.

Menjaga kebersihan mesin juga berkontribusi pada pembuangan panas yang lebih baik dan pemeliharaan suhu yang optimal Diagnostik mesin kehilangan tenaga, gangguan dalam operasi mesin, adanya suara aneh semuanya memang harus bisa menjadi indikator sederhana jika anda minimal harus melakukan proses tune-up.

Ada banyak masalah yang harus anda ketahui dalam proses perawatan mesin mobil ini mulai dari: filter udara atau bahan bakar tersumbat; busi rusak; kerusakan sistem injeksi bahan bakar, kabel pengapian dan sistem kelistrikan.

Dalam hal ini, lebih bijaksana untuk menghubungi spesialis service mobil di bengkel. Pengecekan rutin dilakukan setiap 10-15 ribu kilometer. Memeriksa timing belt dengan memastikan bahwa katup engine membuka dan menutup bersamaan dengan pengoperasian piston.

Dalam mesin ada salah satu komponen juga yang sangat vital anda harus benar benar memastikan kondisi dari sabuk penngerak mesin. Anda bisa cek sederhana apakah anda tanda tanda aus atau ada bunyi yang tidak wajar. Penggantian ideal sabuk penggerak mesin baiknya dilakukan setelah lari 60-100 ribu km.

Seiring waktu, sabuk penggerak akan aus, jika aus parah atau bahkan retak, sabuk penggerak dapat patah dan merusak mesin. Kontrol berkala kemudian kalau dibutuhkan penggantian tepat waktu akan menghindari masalah yang tidak perlu.

Ok kita coba rinci saja, bagian apa yang sangat rentan mengalami kerusakan dan harus anda perhatikan lebih dalam untuk memastikan kondisi mesin mobil anda tetap aman karena sejatinya mobil dan manusia memiliki hakekat yang sama butuh perawatan kalau tidak ingin cepat rusak.

Ganti Oli Tepat Waktu

Sederhana sekali tapi jarang kita yang bisa disiplin masalah penggantian oli ini. Ganti oli ini bisa anda lakukan dengan menggunakan dua patokan dasar bisa dari jarak tempuh bisa anda lihat pada pedometer, kemudian menggunakan rentang waktu minimal 6 bulan sekali.

Cek Kondisi Radiator dan Saringan Karburasi

Selain oli, anda jangan lupa cek bagaimana kondisi radiator. Suhu mesin akan cepat panas salah satu penyebabnya adalah radioator mulai tidak normal sisitem kerjanya.

Air radiator bisa anda gunakan air biasa, namun rekomended kami sarankan anda menggunakan coolant saja. Suhu mesin ideal kalau dalam posisi berjalan biasanya jarumnya di tengah tengah kalau sampai sangat tinggi maka jangan diteruskan bisa bisa mobil anda terbakar.

Mobil susah menyala banyak sekali penyebanya anda bisa juga cek pada bagian saringan karburasinya apakah masih bagus atau sudah kotor bahkan bisa jadi bocor juga.

Jika kotor misalkan anda bersihkan saja dengan alat alat sederhan seperti koas atau bisa mmebawa ke bengkel disana alatnya sangat bagus dan cepat sekali dalam proses pembersihan karburasi.

Pembersihan mesin dari kerak

Buat yang sayang sama mobilnya kami sarankan minimal anda membuka kap mesin mobil anda 2 minggu sekali. Ambil perlaatan sederhana seperti minyak pelumas untuk membersihkan mesin dan lakukan dengan perlahan, perhatikan kotoran kotoran yang nempel pada bagian mesin dan bersihkan sampai kilat.