Varian Rasa dan Penyajian Kopi Hitam yang Nikmat

Varian Rasa dan Penyajian Kopi Hitam yang Nikmat

Kopi merupakan salah satu minuman yang  dicintai karena aroma dan rasanya yang kuat. Selain itu, kopi juga diklaim dapat mengusir rasa kantuk serta menumbuhkan kembali energi saat bekerja, membuat kopi ini banyak diminati. Oleh karena itu, kini banyak diciptakan cara penyajian yang menciptakan variasi rasa pada kopi hitam. Berikut uraiannya!

  1. Espresso

Espresso adalah penyajian kopi yang disiapkan dengan cara dipanggang. Seringnya kopi jenis ini merupakan campuran dari kopi panggang dengan varian lain untuk menghasilkan cita rasa yang kuat. Cara penyajiannya yaitu kopi yang telah ditumbuk halus akan ditekan dan dimasak dalam air panas. Sajian ini dinamakan bentuk saji “shot” yang menghasilkan rasa kuat tak pahit.

  1. Café Latte

Café Latte berasal dari bahasa Perancis Café au Lait yang memiliki arti kopi dengan susu. Kopi dari perancis yang disajikan dengan cara dipanaskan serta porsi antara kopi dan susu yang sama. Maka dari itu, sajian kopi satu ini sering tertukar nama dengan kopi flat white karena sama-sama memiliki warna hampir dominan putih. Selain itu, juga karena tampilannya yang berbusa.

Perpaduan satu shot kopi dan satu steam susu menghasilkan rasa manis dan lembut. Susu dipanaskan hingga suhu 82⁰ C yang dimaksudkan untuk membunuh bakteri dan mengurangi banyak protein dalam susu. Susu yang berasal dari Perancis ini sangat populer di Amerika.

  1. Cappuccino

Sajian kopi tiga lapis ini merupakan sajian favorit di seluruh dunia. Tiga lapisan dalam satu cangkir menciptakan cita rasa yang  nikmat dan bervariasi. lapisan pertama yaitu satu shot kopi espresso, lapisan kedua yaitu susu yang di-steam, dan lapisan terakhir ada lapisan susu yang berbuih. Dapat pula ditambahkan topping berupa parutan cokelat atau cokelat bubuk.

Kopi satu ini biasa disajikan untuk sarapan. Hal ini karena kandungan susu dalam kopi merupakan porsi terbanyak di antara lainnya. Sehingga cukup mengandung energi sebelum memulai aktivitas.

  1. Caffe Americano

Kopi yang disajikan dengan cara menambahkan air panas ke dalam satu shot espresso. Awal mula sajian ini muncul, karena kopi yang  dibuat sedikit pahit dan pekat. Maka dari itu, ditambahkan lah air panas ke dalamnya sehingga mengurangi rasa pahit dan membuat kopi menjadi lebih encer. Air panas disajikan terlebih dahulu untuk menghindari rasa gosong kopi.

  1. Long Black

Sajian kopi ini memiliki teknik yang berkebalikan dengan Caffe Americano. Umumnya orang akan mengatakan sajian kopi yang  sama, namun bagi para pecinta kopi, ini merupakan suatu yang berbeda. Disajikan dengan cara menuangkan air panas dalam cangkir dan memasukkan double shot espresso ke dalamnya.

Itulah kelima cara penyajian kopi hitam dan variasi rasa yang dihasilkannya. Terdapat juga cara penyajian lainnya seperti moccacino, frappuccino, frappe yang menghasilkan varian rasa unik. Kopi juga dapat disajikan dalam keadaan dingin dan dapat pula ditambahkan buah-buahan untuk memperkaya cita rasa kopi.